Cuan Dari Tumbangan Pohon Sawit

Cuan Dari Tumbangan Pohon SawitProgram peremajaan sawit saat ini terus berlangsung, kendati harus menghadapi masa pandemi. Tentu saja, kegiatan peremajaan sawit tetap menerapkan protokol kesehatan ketat  guna menghindari terjadinya pemaparan.

Nah, faktanya dari pengerjaan peremajaan sawit itu terbuka peluang untuk memperoleh keuntungan tambahan. Dalam sebuah seminar online Sustain Talk yang diadakan Forum Petani Sawit Berkelanjutan Indoensia (Fortasbi) mengungkap, potensi ekonomi dari pati sawit untuk dijadikan gula merah.

Merujuk pengalaman Kaya Coco, salah satu perusahaan yang mengembangkan gula merah sawit, potensi gula merah dari sisa kayu sawit yang ditebang bisa untuk digunakan menjadi bahan baku gula merah. Cara demikian bisa menjadi pemasukan tambahan bagi petani yang sedang melakukan peremajaan sawit.

Dikatakan Deddy Limanto dari Kaya Coco, satu pokok kelapa sawit biasanya rata-rata memiliki kandungan pati sekitar 250 liter, dengan rendemen sekitar 12%. Artinya satu pokok sawit bisa menghasilkan rata-rata 30 liter pati. “Kendati untuk kebun-kebun sawit tertentu bisa menghasilkan pati sekitar 45 liter per pohon,” (sumber, infosawit.com)