ERP SAP MANAJEMEN KEBUN/PABRIK PTPN I

Langsa, 18-9-2018 Direktur Utama  PTPN I (Bapak Uri Mulyari) didampingi oleh Direktur Operasional (Bapak Desmanto) memberikan arahan pada Kegiatan training review transaksi SAP Vs Transaksi SGV bertempat di Operation Room Kantor Pusat PTPN I. Turut hadir seluruh  Kepala Bagian, Kasubbag Kantor Pusat dan Manajer, Asisten Tata Usaha  Kebun/pabrik, serta peserta training dari kantor Pusat,  juru usaha Kebun/Pabrik. Dimana sebelumnya sudah pernah dilaksanakan untuk  juru usaha yang di kantor pusat dan juru usaha di kebun/pabrik.

Erterprise Resource planning (ERP) pada dasarnya adalah suatu aplikasi yang mengintegrasikan seluruh fungsi di dalam suatu perusahaan secara end to end, mulai dari fungsi pengadaan, produksi, distribusi, penjualan hingga pengelolaan sumber daya manusia.

Program ini dilaksanakan secara bertahap yang berfokus pada standarisasi proses bisnis dan integrasi sistem informasi  yang ada di seluruh PTPN.  Database yang tersentralisasi akan memberikan banyak keuntungan seperti efesiensi, kecepatan, pengolahan data dan efektivitas alur kerja.

Hal ini  memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk manfaatkan  waktu, biaya dan tenaga yang sebelumnya dihabiskan untuk proses administrasi, kearah pengembangan seperti analisis, pelatihan. Selain itu ERP memungkinkan untuk menginventaris data menjadi lebih rapi dan mempermudah komunikasi antar unit kerja.

Bapak Uri Mulyari dalam sambutannya menyampaikan  ERP tersebut harus dipahami dan dapat kembangkan kepada karyawan administrasi di kantor pusat, kebun/pabrik. Aplikasinya memang belum sepenuhnya dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan, terkait dengan hal tersebut akan dilakukan training review transaksi SAP VS Transaki SGV PTPN I. Beliau juga berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti training dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat dipahami untuk diaplikasikan dalam bekerja sehari hari  dan dapat terlaksana sesuai  yang diharapkan.