IKATAN KELUARGA BESAR ISTRI (IKBI) PTPN I PERINGATI HARI IBU KE 90

Langsa, tanggal 22 Desember 2018 peringatan hari Ibu ke 90 tahun dan hati tanggal tersebut diperingati di seluruh Indonesia. Tanggal 22 Desember menjadi hari Ibu berdasarkan kongres  Hari Ibu diperingati setiap tahun sejak 1938 setelah kongres Perikatan Perempuan Indonesia di Bandung sepakat memilih tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Pemilihan berdasarkan sejarah bahwa pada tanggal tersebut berlangsung pertemuan pertama seluruh organisasi wanita Indonesia di Yogyakarta tahun 1928. Kemudian Ibu-ibu yang tergabung dalam Kowani pada tanggal 22 Desember 1946 memperingatinya dengan menyerahkan bingkisan kepada warga DKI Jakarta 

Kesamaan pandangan untuk mengubah nasib perempuan di Tanah Air membuat berbagai organisasi perempuan yang ada di Sumatera dan Jawa berkumpul dalam satu tempat. Mereka berdiskusi, bertukar pikiran dan menyatukan gagasannya di Dalem Jayadipuran, Yogyakarta. Bermacam gagasan dan pemikiran diungkapkan dalam Kongres Perempuan pada 90 tahun lalu, 22 Desember 1928.

Berawal dari situlah, persatuan dari beberapa organisasi wanita ini semakin kuat dan akhirnya tergabung dalam organisasi yang lebih besar, yakni Perikatan Perkoempolan Isteri Indonesia (PPII). Sampai akhirnya, ketika Kongres ketiga, perkumpulan ini mematangkan dan menyuarakan mengenai pentingnya perempuan dan menetapkan 22 Desember, dimulainya Kongres Perempuan I pada 1928, sebagai Hari Ibu.

Kongres Perempuan Indonesia III yang berlangsung dari 22 sampai 27 Juli 1938 di Bandung menetapkan Hari Ibu diperingati tiap 22 Desember. Pemilihan tanggal itu untuk mengekalkan sejarah bahwa kesatuan pergerakan perempuan Indonesia dimulai pada 22 Desember 1928. Setiap tahun, peringatan dilakukan untuk menghayati peristiwa bersejarah tersebut. Presiden Soekarno kemudian mengeluarkan keputusan presiden untuk menetapkan dukungan atas Kongres Perempuan III. Melalui Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959 akhirnya Hari Ibu resmi menjadi Hari Nasional. Berdasarkan keputusan Presiden tersebut di Indonesia tanggal 22 Desember setiap tahunnya diperingati sabagai hari ibu.

Ikatan Keluarga Besar Istri karyawan Pimpinan PTPN I memperingati hari ibu di Wisma Bina Warga dengan melaksanakan perlombaan membuat kue, menghias cake dan bazaar yang di ikuti oleh perwakilan dari masing-masing kebun dan pabrik.

Ibu Tysa Uri Mulyari selaku ketua IKBI (istri Direktur Utama PTPN I) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kaum ibu sebagai orang pertama dalam keluarga untuk mendidik dan membina generasi penerus bangsa dan sebagai motivator bagi suami untuk menjadi orang yang dapat dicontoh dan diteladani oleh keluarga dan masyarakat.

Peringatan hari ibu yang dirayakan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh ketua IKBI yaitu Ibu Tysa Uri Mulyari (Istri  Direktur Utama) yang didampingi oleh ibu Fathul Jannah Lubis (istri Direktur Opresional) dan  ibu Riana Kusumadewi (istri Direktur Komersil).  Acara berlangsung dengan rasa kekeluargaan yang dilanjutkan dengan  pengumunan pemenang lomba, pembagian hadiah bagi kebun dan pabrik yang menang  dan berakhir dengan bersalam salaman.