PELAKSANAAN SHOLAT IDUL ADHA 1439 H DI HALAMAN MASJID SYUHADA PTPN I

Langsa,  22-8-2018  Karyawan/karyawati PTPN I melaksanakan Sholat Idul Adha 1439 Hijriah di lapangan halaman Masjid Syuhada komplek perumahan Karyawan Pimpinan jalan Kebun Baru Langsa.

Sedangkan  pada malam harinya  dikumandangkan gema takbir di Mesjid Syuhada PTPN I yang dilaksanakan oleh karyawan Pimpinan dan Karyawan Pelaksana secara bergantian.

Sebelum melaksanakan Sholat Idul Adha, Badan Dakwah Islamiah (BDI)  PTPN I menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pelaksanaan sholat dan  penyembelihan   hewan qurban serta penyalurannya.

Adapun jumlah hewan qurban untuk tahun ini sebanyak 111 sapi dan 27 ekor kambing dengan rinciansebagai berikut.

 

  1. Kantor pusat : 18 ekor sapi dan I ekor kambing
  2. PT CMN : 7  ekor sapi
  3. Kebun Pulau tiga : 9  ekor sapi dan 1 ekor kambing
  4. PKS Pulau Tiga : 6  ekor sapi dan  1 ekor kambing
  5. PKS Tanjung Seumanto : 13 ekor sapi
  6. Kebun baru : 13 ekor sapi dan 5 ekor kambing
  7. Tualang sawit : 3 ekor sapi
  8. Julok Rayeuk Utara : 10 ekor sapi dan 1 ekor kambing
  9. Kebun Cot Girek : 10 ekor sapi dan 17 ekor kambing
  10. PKS Cot Girek : 7 ekor sapi
  11. atas nama keluarga : 1 ekor sapi
  12. atas nama kelompok : 24 ekor sapi
  13. atas nama perorangan : 1 ekor kambing

Khusus Kantor Pusat dan PT CMN sebanyak 25 ekor sapi dan 1 ekor kambing, setelah penyembelihan akan dibagikan kepada keluarga miskin di lingkungan PTPN I, di wilayah kota langsa dan kepada ketiga panti Asuhan yaitu Panti Asuahn Alue lhok, panti Asuhan Darul Fikri seulalah dan Panti Asuhan Malahayati lorong Bukit Perumnas Langsa.

Halaman Masjid Syuhada penuh oleh jamaah yang terdiri dari para karyawan PTPN I beserta batihnya yang akan melaksanakan Sholat Idul Adha bersama-sama dengan para Kasubbag, Kepala Bagian dan Direksi PTPN I bersama keluarga, jamaah sholat tahun ini nampak lebih ramai dari tahun tahunsebelumnya.

Sholat Idul Adha tahun ini  yang bertindak sebagai imam oadalah ustad Shabrun Jamil karyawan pelaksana Bagian Kantor Pusat, sedangkan sebagai khatib Ustad M. IHKWAN, M.SH Dosen IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

Dalam khutbahnya Ustad Ihkwan menjelaskan bagaimana syarat-syarat berkurban dan siapa yang berhak menerimanya. Selesai pelaksanaan Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan penyerahan Hewan Kurban dari yang berkurban kepada panitia penyembelihan.

Tepat pukul 10.00 wib sampai dengan pukul 16.30 wib  dimulai acara silaturrahmi (open house) Direksi PTPN I bersama-sama dengan seluruh karyawan PTPN I di Wisma Bina Warga. Acara berjalan lancar dan penuh gembira dapat  merayakan hari raya Idul Adha bersama-sama dan ditutup dengan bersalam salaman.