PENANAMAN PERDANA DI KEBUN PULAU TIGA

Langsa, 15-11-2018 PT Perkebunan Nusantara  I yang terdiri dari beberapa Kebun dan Pabrik, saat ini sedang pelaksanaan Replanting di sebagian kebun. Tanaman kelapa sawit yang sudah tua yang tidak berproduksi ditumbang untuk ditanami dengan pokok kelapa  sawit yang baru.

Kebun Pulau Tiga dengan luasan 6.661 Ha yang terdiri dari areal emplasmen, bangunan pabrik, Tanaman Menghasilkan (TM) dan areal Tanaman Ulang (TU), sekarang ini sebagian arealnya siap untuk penanaman ulang tanaman kelapa sawit.

Bapak Yulia Syafri selaku Manajer di kebun Pulau Tiga beserta jajaran  karyawan Pimpinan melaksanakan penanaman perdana Kelapa Sawit  di Areal TU, dimana areal tersebut sudah siap untuk ditanam, dengan memenuhi kriteria tanam.

Pelaksanaan penanaman perdana pokok kelapa sawit di lapangan/areal TU diawali oleh Manajer kebun dan diikuti oleh para Asisten Tanaman masing-masing Afdeling dan selanjutnya akan ditanam oleh tenaga kerja karyawan pelaksana dengan di awasi oleh mandor dan Asisten tanaman.

Penanaman kelapa sawit yang baru saat yang tepat dimana saat ini sedang  musim hujan, sehingga tanaman tidak stress disinari panasnya matahari.

Perlakuan penanaman sudah diawali dengan beberapa perlakuan  dan kelanjutannya oleh masing-masing Asisten Tanaman untuk perawatan dengan aplikasi pemupukan sesuai dengan ketentuan 4 T, yaitu:

  1. Tepat Jenis
  2. Tepat dosis
  3. Tepat cara
  4. Tepat waktu

Di samping pemupukan, perawatan, pembersihan gulma  juga sangat menentukan untuk pertumbuhan pokok kelapa sawit agar  unsur hara yang terkandung dalam tanah dapat diserap semua oleh tanaman kelapa sawit.

Dengan demikian pertumbuhan tanaman kelapa sawit akan tumbuh sesuai yang diharapkan sehingga dalam masa waktu tiga tahun akan dapat dipanen buahnya.