PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA (PKB) PT PERKEBUNAN NUSANTARA I

Langsa, 20-1-2020 Serikat  Pekerja dalam suatu perusahaan sebagai jembatan antara pekerja dengan manajemen dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang merupakan salah satu ketentuan dari peraturan perundang undangan (PP) tenaga kerja di suatu perusahaan. Kemarin PT Perkebunan Nusantara I melaksanakan penandatangan  perjanjian kerja bersana (PKB) untuk periode tahun 2020-2021 dan sekaligus mensosialisasikan kepada yang berhadir saat itu.

Direktur Utama PTPN I  (Uri Mulyari) yang didampingi oleh Direktur bidang Operasional (Desmanto) dan Direktur Komersil (Faisal Ahmad) beserta jajarannya dan Ketua Umum SPBUN PTPN I beserta pengurus yang disaksikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilisasi Penduduk Aceh ( Ir. Iskandar Syukri, MM. MT) dan Kepala Bidang Ketenagakerjaan DPM PTSP Kota Langsa (Masrizal, SH). Juga dihadiri oleh Dewan Komisaris PTPN I (Ari Maulana) yang menyempatkan diri untuk hadir menyaksikan dan memberikan arahan/sambutan pada acara tersebut.

Dalam sambutan Direktur Utama yang diwakili oleh Direktur Operasional menyampaikan bahwa manajemen bersama dengan pengurus SPBUN PTPN I sebelumnya telah melakukan perundingan dan telah mennyepakati PKB PTPN I periode 2020-2021  sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan yang berlaku. Pada kesempatan tersebut Desmanto juga mengucapkan terimakasih kepada pengurus SPBUN PTPN I yang telah menyusun/menyepakati PKB PTPN I kepada semua pihak yang terlibat sehingga  dapat selesai tepat waktu.

Lebijh lanjut Desmanto menegaskan bahwa menajemen PTPN I harus berkomitmen untuk berupaya semaksimalnya untuk melaksanakan ketentuan yang telah disepakati bersama dalam PKB. PTPN I harus lebih bangkit dan berubah untuk lebih maju dan bersinergi dalam membangun perusahaan.

Pada kesempatan tersebut Ari Maulana selaku Dewan Komisaris PTPN I dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat gembira dengan keberadaan Serikat pekerja PTPN I karena bersinergi dalam membangun perusahaan. Dan dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa orang berani dan pintar belum tentu dapat bertahan tetapi orang yang pandai beradaptasilah yang dapat bertahan. Beliau banyak memberikan motivasi kepada seluruh yang berhadir pada acara penandatanganan tersebut.

Ketua Umum SPBUN PTPN I (Syaifullah ) dalam sambutannya mengatakan bahwa PKB awalnya lahir dari produk undang –undang tenaga kerja bagi perusahaan yang akhirnya disepakati bersama sehingga mempunyai makna/arti penting untuk kesejahteraan karyawan di perusahaan. PKB yang berisi 20 bab dan 74 pasal untuk menjadi landasan pedoman bagi karyawan dan manajemen pada periode tahun 2020-2021.

Sedangkan Kepala Dinas tenaga kerja dan Mobilitas penduduk provinsi Aceh (Ir. Iskandar Syukri, MM, MT) yang menyaksikan penandatangan PKB mengatakan dalam sambutannya bahwa PKB antara pengusaha dengan pekerja merupakan sarana hubungan industrial  untuk menciptakan hubungan kerja yang harmonis, serasi, selaras, seimbang dalam bekerja dan syarat-syarat dan ketentuan dalam bekerja. Iskandar juga menyampaikan saat ini propinsi Aceh terdapat 4.760 buah perusahaan yang terdaftar dengan kriteria besar, menengah dan kecil sementara yang telah memenuhi peraturan perusahaan sebanyan 333 dan yang memiliki PKB  hanya 116 perusahaan dan salah satunya PTPN I yang sudah memiliki PKB. Beliau berharap Serikat Pekerja dan PKB PTPN I akan menjadi contoh bagi pekerja dan perusaan lain yang ada di Aceh.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) berlangsung khidmat yang dihadiri oleh seluruh Kepala Bagian beserta Kasubbag, Manajer Kebun/Pabrik dan perwakilan dari masing-masing Bagian dan Kebun/Pabrik. Acara berjalan lancar  yang ditutup dengan  berdoa bersama dan berakhir dengan bersalam-salaman.