Penggabungan 35 Pabrik Gula Diharap Mampu Tekan Impor dan Buka Lapangan Kerja

Tebu yang akan dikirim ke Pabrik Gula Candi Baru. (Foto: RNI)Holding Perkebunan Nusantara PTPN III atau PTPN Grup berencana untuk membentuk Sugar Company (SugarCo). Ini adalah entitas tunggal (single entity) yang menggabungkan 35 pabrik gula (PG) milik PTPN Grup.

SugarCo nantinya akan menjalin kerja sama dengan Lembaga Pengelola Investasi atau Indonesia Investment Authority (INA).

Wakil Ketua Komisi VI Mohamad Hekal mengatakan, pembentukan SugarCo harus dapat meningkatkan produksi gula dalam negeri. Sehingga, nantinya Indonesia tidak lagi impor gula.

“Tujuan pembentukan SuperCo meningkatkan produktivitas gula PTPN menjadi 2 juta ton 2025 sehingga tak lagi impor gula konsumsi,” kata Hekal dalam rapat dengar pendapat dengan PTPN grup, Jakarta, Senin (20/9/2021).

Selain itu, SugarCo juga diharap bisa menambah lapangan pekerjaan. Dengan begitu bisa mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Hekal juga berharap penggabungan 35 pabrik gula di Indonesia ini bisa mendongkrak pendapatan pajak bagi negara.

Sementara itu, menurut laporan yang diperoleh oleh DPR, rencana ini dilakukan dalam rangka restrukturisasi bisnis gula PTPN. “Rencana ini dilakukan dalam rangka restrukturisasi bisnis gula PTPN grup yang ditujukan untuk perbaiki kinerja operasional. Dan memperbaiki swasembada gula nasional,” tandasnya.