Sambutan Direktur Utama PTPN III (PERSERO) Dalam Rangka HUT PTPN Group Ke 23

Sambutan Direktur Utama PTPN III (PERSERO)

DALAM RANGKA ACARA MEMPERINGATI ULANG TAHUN

PERKEBUNAN NUSANTARA KE 23

 “Operational Excellence sebagai Langkah menuju PTPN Baru”

Saudara-saudara para Direksi Anak Perusahaan, Kepala Divisi, Kepala Bagian, General Manager, Manager Kebun/Unit beserta seluruh karyawan dan karyawati PT Perkebunan Nusantara Group yang saya cintai dan saya banggakan dimanapun anda berada,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas karunia-Nya kita masih diberi kesempatan untuk berkarya dilingkungan PT Perkebunan Nusantara Group untuk sedikit banyak memberikan kontribusi bagi kemajuan perekonomian bangsa dan negara.

Pada hari ini, tanggal 11 Maret 2019, PT Perkebunan Nusantara telah genap berusia 23 tahun, tentunya suatu usia yang cukup panjang bagi sebuah perusahaan sekaligus juga usia yang membuat PT Perkebunan Nusantara Group semakin matang karena ditempa oleh berbagai tantangan dalam mempertahankan eksistensinya. Di usia ke 23 Tahun ini, banyak hal yang telah kita jalani dan capai bersama dalam rangka mewujudkan target yang diamanatkan oleh Pemegang saham dan stakeholders serta upaya peningkatan nilai-nilai perusahaan.

Hal ini telah diawali dengan perubahan logo perusahaan sebagai tanda transformasi corporate identity yang dimaknai semangat hijrah menuju PT Perkebunan Nusantara baru yang mengedepankan operating excellence dalam menjalankan seluruh kegiatan perusahaan. Selain itu kita juga telah melakukan tranformasi corporate culture dengan menetapkan value baru untuk PT Perkebunan Nusantara Group yaitu SIPro (Sinergi, Integritas, Profesional) yang diharapkan dapat menjadi budaya kerja bagi kita semua dalam berkarya di perusahaan yang kita cintai ini.

Saudara-saudara yang berbahagia,

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hingga saat ini perbaikan di segala sisi perusahaan masih terus kita lakukan. Dengan kondisi PT Perkebunan Nusantara Group yang rata-rata memiliki tingkat sustainability dibawah, manajemen tengah melakukan restrukturisasi perusahaan sebagai upaya perbaikan performa kinerja perusahaan dan anak perusahaan melalui optimalisasi struktur modal melalui pendanaan dan reprofiling utang yang diharapkan dapat mendukung rencana jangka panjang investasi, meningkatkan kinerja keuangan, serta memperbaiki rasio utang yang pada akhirnya dapat menunjang kinerja PTPN secara konsolidasi.

Saat ini kita juga tengah mengimplementasikan notional pooling dan cash pooling yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran besar tentang kondisi likuiditas PT Perkebunan Nusantara Group secara keseluruhan sehingga dapat memudahkan management dalam memutuskan strategi yang diperlukan.

Fokus pada pengembangan komoditas perkebunan strategis nasional, yaitu kelapa sawit, karet, gula, teh, kopi dan kakao tentunya masih tetap menjadi yang utama bagi kita. Perbaikan operasional dan kultur teknis perkebunan guna peningkatan produktivitas adalah suatu hal yang wajib kita lakukan secara berkesinambungan untuk dapat menghasilkan produk-produk perkebunan yang unggul dan berdaya saing.

Mengembangkan industri hilir yang berbasis komoditas utama untuk menjawab kebutuhan nasional seperti minyak goreng dan biofuel/green diesel juga merupakan suatu langkah maju yang kita lakukan guna eksistensi perusahaan. Saat ini PT Perkebunan Nusantara III (Persero) bekerjasama PT Perkebunan Nusantara IV telah mendirikan PT Industri Nabati Lestari yang bergerak di bidang pengolahan minyak sawit menjadi produk turunanya dengan kapasitas olah CPO sebesar 672.000 ton per tahun.

Selain itu juga telah dilakukan penandatangan nota kesepahaman antara PT Perkebunan Nusantara III (Persero) bersama PT Pertamina (Persero) tentang Kerja sama Penyediaan Bahan Baku Crude Palm Oil (CPO), Refined Bleached Deodorized Palm Oil (RBDPO) dan Bio Ethanol dalam rangka pengembangan energi baru terbarukan.

Dalam perbaikan kinerja operasional termasuk didalamnya inovasi dan teknologi untuk pengembangan hilirisasi, PT Riset Perkebunan Nusantara sebagai anak perusahaan yang berfungsi melakukan pendampingan program perbaikan kinerja operasional tersebut diharapkan dapat mendukung penuh PT Perkebunan Nusanatara Group.

Guna peningkatan efektifitas, efisiensi dan penguatan kelembagaan dibeberapa anak perusahaan, saat ini kita juga sedang melakukan merger rumah sakit dan perusahaan kemasan yang ada di PT Perkebunan Nusantara Group serta akuisisi saham PT Riset Perkebunan Nusantara dan PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara. Sehingga melalui merger dan akuisisi ini diharapkan seluruh anak perusahaan dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi PT Perkebunan Nusantara Group.

Saudara-saudara yang berbahagia,

Pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan bahwa di tengah menjalankan proses transformasi untuk menjadi perusahaan perkebunan nasional yang berkontribusi bagi negara, PTPN Grup telah berhasil menggenjot total ekspor komoditi senilai Rp 3,6 triliun. Penjualan ekspor memang menjadi orientasi kita saat ini, segala kemungkinan untuk pemenuhan kebutuhan pasar internasional atas produk-produk kita hingga saat ini terus kita jajaki karena kami meyakini hal ini dapat meningkatkan revenue yang berujung pada peningkatan profit PT Perkebunan Nusantara Group. Selain itu penjualan ekspor juga dapat membantu meningkatkan devisa negara serta menguatkan posisi Indonesia di pasar dunia.

Bersama dengan peluncuran logo baru perusahaan beberapa waktu yang lalu, kita juga telah meluncurkan brand produk retail Walini sebagai brand nasional untuk produk retail PT Perkebunan Nusantara Group. Adalah tugas kita bersama untuk membangun brand image dari Walini sehingga dapat dikenal secara nasional, dan melalui PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara salah satu anak perusahaan diharapkan sustainability distribusi Walini dapat terjaga.

Saudara-saudara yang berbahagia,

Sumber Daya Manusia merupakan asset terpenting di dalam perusahaan kita. Bagaimana menjaga kesesuaian kemampuan/kompetensi tenaga kerja sehingga produktivitas tenaga kerja dapat berjalan optimal guna ketercapaian target korporasi merupakan suatu hal yang terus kita kembangkan melalui implementasi Program Corporate University. Sehingga melalui program ini diharapkan PT Perkebunan Nusantara Group dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dan unggul.

Kita ketahui bersama bahwa kedepan kasus pertanahan akan semakin kompleks, untuk itu perlu penguatan aspek legalitas kepemilikan lahan dengan melakukan sertifikasi aset tanah sehingga asset biologis kita dapat tetap terjaga kuantitasnya.

Kami mengingatkan bahwa persiapan menghadapi tantangan ke depan cukup menantang. Apalagi, situasi kondisi ekonomi global yang tidak menentu. Marilah kita tetap menjaga semangat bekerja serta memupuk rasa memiliki atas perusahaan yang kita cintai ini dengan lebih dalam lagi, sehingga cita-cita PT Perkebunan Nusantara untuk menjadi kebanggaan nasional, sebagai sebuah “Indonesian Modern Agriculture Company” yang mempekerjakan talenta-talenta terbaik negeri dengan produk-produk yang berkualitas dapat kita wujudkan.

Saudara-saudara yang berbahagia….

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Mantan Direksi dan karyawan purna karya yang sudah turut berjuang dalam membesarkan nama PT Perkebunan Nusantara Grup sehingga menjadi perusahaan yang membanggakan. Kepada Karyawan yang masih aktif kami sampaikan terima kasih dan sekali lagi kami berpesan, ke depan tantangan akan semakin berat, untuk itu kerja keras dan kerja cerdas sesuai tema HUT ke-23 “Operational Excellence sebagai Langkah Menuju PTPN Baru” marilah kita gelorakan bersama dengan semangat Sinergi, Integritas, Profesional.

Semoga kita selalu dalam kebersamaan dan menuju hari ke depan yang lebih baik serta tetap dalam Ridho Alloh SWT. Terima kasih.

Wassalamualaikum wa-Rahmatullahi wa-Barakatuh

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero)

Dolly P. Pulungan