Seremonial Kick Off Roll Out II & III PTPN I

Langsa 20/11/2017  Bertempat di Operation Room Kantor Pusat PT Perkebunan Nusantara I  di gelar acara Seremonial Kick Off Rollout II dan III PTPN I. Kegiatan ini diikuti antara lain Direktur Human Capital Manajemen & Umum PTPN III (Persero) yang diwakili oleh Kadiv. IT/Bapak Toni Parlagutan Harahap, General Manajer Witel Aceh/Bapak Subhan, Direktur Utama PTPN I (Uri Mulyari), Direktur Keuangan (Arfinaldi), Kepala Bagian Kantor Pusat, Manajer Kebun/Pabrik, Kasubak. Kantor Pusat, Asisten Tata Usaha Kebun/Pabrik  dan panitia pendukung kegiatan tersebut.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan Arahan dari Direksi PTPN III (Persero) Holding/Bapak Toni Parlagutan Harahap, kemudian dilanjutkan dengan Penjelasan ERP dari Manajem Telkom oleh Bapak Subhan/General Manajer Witel Aceh dan terakhir dilanjutkan dengan sambutan Direktur Utama PTPN I (Uri Mulyari).

Pada kesempatan yang sama dilakukan juga pemotongan nasi tumpeng dan dilanjutkan pemukulan Gong sebagai tanda dimulainya kegiatan proyek Implementasi ERP di PTPN I, kemudian secara simbolis di lakukan juga penyematan Pin oleh Tim ERP Kepada Direksi PTPN I.

 

Konsep Dasar ERP

 

ERP singkatan dari 3 elemen kata yaitu, Enterprise (perusahaan/organisasi), Resource (sumber daya), Planning (perencanaan), 3 kata ini mencerminkan sebuah konsep yang berujung kepada kata kerja, yaitu “planning” yang berarti bahwa ERP menekankan kepada aspek perecanaan.

ERP adalah sebuah system informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. Sistem ERP  didasarkan  pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular.ERP merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu system ystemr yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan.

Syarat terpenting dari ystem ERP adalah Integrasi. Integrasi yang dimaksud adalah menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database, sehingga memudahkan semua departemen berbagi informasi dan berkomunikasi. Database yang ada dapat mengijinkan setiap departemen dalam perusahaan untuk menyimpan dan mengambil informasi secara real-time. Informasi tersebut harus dapat dipercaya, dapat diakses dan mudah disebarluaskan. Rancangan perangkat lunak modular harus berarti bahwa sebuah bisnis dapat memilih modul-modul yang diperlukan, dikombinasikan dan disesuaikan dari vendor yang berbeda, dan dapat menambahkan modul baru untuk meningkatkan unjuk kerja bisnis.

TUJUAN DAN PERANANNYA DALAM ORGANISASI

Tujuan ystem ERP adalah untuk mengkoordinasikan bisnis organisasi secara keseluruhan. ERP   merupakan software yang ada dalam organisasi/perusahaan untuk:

  • Otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis
  • Membagi database yang umum dan praktek bisnis melalui enterprise
  • Menghasilkan informasi yang real-time
  • Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan

 

KONSEP DASAR ERP

Konsep dasar ERP dapat dilihat pada diagram di bawah ini

Gambar 1. Konsep Dasar ERP

EVOLUSI SISTEM ERP

Gambar 2. Evolusi Sistem ERP

TAHAPAN EVOLUSI ERP

  1. Tahap I : Material Requirement Planning (MRP)

Merupakan cikal bakal dari ERP, dengan konsep perencanaan kebutuhan material

  1. Tahap II: Close-Loop MRP

Merupakan sederetan fungsi dan tidak hanya terbatas pada MRP, terdiri atas alat bantu penyelesaian masalah prioritas dan adanya rencana yang dapat diubah atau diganti jika diperlukan

  1. Tahap III: Manufakturing Resource Planning (MRP II)

Merupakan pengembangan dari close-loop MRP yang ditambahkan 3 elemen yaitu: perencanaan penjualan dan operasi, antarmuka keuangan dan simulasi analisis dari kebutuhan yang diperlukan

  1. Tahap IV: Enterprise Resource Planning

Merupakan perluasan dari MRP II yaitu perluasan pada beberapa proses bisnis diantaranya integrasi keuangan, rantai pasok dan meliputi lintas batas fungsi organisasi dan juga perusahaan dengan  dilakukan secara mudah

  1. Tahap V: Extended ERP (ERP II)

Merupakan perkembangan dari ERP yang diluncurkan tahun 2000, serta lebih konflek dari ERP sebelumnya.