UPACARA BENDERA BULAN MARET

Sambutan Direktur Utama PTPN I

Pada Upacara

Pengibaran Bendera Merah Putih

Upacara, 19 Maret  2018

 

 

Assalamualaikum Wr.Wb.

 

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera untuk kita semua,

 

Yang saya hormati;

 

  • Rekan-rekan Direksi
  • Kepala Bagian Kantor Pusat
  • Papam Kantor Pusat
  • Manajer Kebun/Pabrik
  • Karyawan dan Karyawati Kantor Pusat
  • Karyawan dan Karyawati Kebun/Pabrik

 

Alhamdulillah dengan Rahmat dan Karunia Allah SWT kita semua berada dalam keadaan sehat wal’afiat dan masih berkesempatan untuk mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih pagi hari ini serta melaksanakan aktivitas kerja.

 

Seiring dengan itu shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya yang telah memberikan tuntunan risalah kepada kita sebagai Umatnya agar menjadi manusia berakhlak mulia yang bertakwa kepada Allah SWT.

 

Saudara-saudara sekalian

Mencermati kondisi perusahaan saat ini diminta agar seluruh jajaran menaruh kepedulian dan keseriusan kerja yang didukung dengan kesiapan waktu, maka saya tidak bosan-bosannya menghimbau agar semua personil pejabat teras dan karyawan pimpinan serta seluruh karyawan pelaksana baik yang di kebun/pabrik maupun di kantor pusat  untuk dapat fokus dengan tugas-tugas dan bertanggung jawab dibidang masing-masing.

 

Kondisi pendapatan keuangan perusahaan saat ini masih belum dapat mengimbangi  kebutuhan  biaya operasional, hal ini berkaitan dengan perolehan produksi di masing-masing kebun belum mencapai target yang telah ditetapkan dalam RKAP 2018 bahkan ada beberapa kebun perolehan produksi jauh dibawah RKAP  tetapi biaya operasional di atas RKAP, saya tegaskan kembali kepada bagian kantor pusat dapat memeriksa dengan baik pengajuan-pengajuan biaya kebun/pabrik dengan mempedomani komitmen prinsip-prinsip GCG yang telah dilaksanakan.

 

Saudara-saudara hadirin sekalian.

Perlu kita ketahui bersama bahwa kinerja operasional perusahaan tahun 2017 pencapaian produksi TBS kebun sendiri sebesar 301.566 ton dari RKAP 317.679 ton atau tercapai 94,93% dibanding realisasi periode yang sama tahun 2016 sebesar 219.476 ton atau 137,40%  dengan produktivitas 13,78 ton/ha dari rkap 14,52 ton/ha atau tercapai 94,93%, dibanding realisasi periode sama tahun 2016 sebesar 10,31 ton/ha atau 133,65% sedangkan realisasi pembelian TBS  sebesar 122.242 ton dari RKAP 308.300 ton atau tercapai 39,65%, dibanding realisasi periode yang sama tahun 2016 sebesar 139.153 ton atau 87,85%.

 

Sedangkan realisasi kapasitas olah pabrik kelapa sawit sebesar 79,64 ton TBS/jam, dari kapasitas efektif sebesar 120 ton TBS/jam, sehingga idle capacity sebesar 40,36 ton TBS/jam atau 33,64%. Hal ini disebabkan selain pasokan TBS masih dibawah RKAP yakni kebun sendiri 94,93% juga pembelian TBS hanya 39,65% dikarenakan pembelian TBS tidak bisa maksimal sehubungan dengan perbaikan di tiga PKS.

 

Realisasi pencapaian rendemen minyak sawit 21,75% sedangkan RKAP 23,00%, selisih 94,55% sedangkan inti sawit realisasi 4,78%, RKAP 5,00% selisih 95,58%.

 

 

Atas capaian tersebut diatas dapat disampaikan bahwa berdasarkan laporan keuangan setelah audit PTPN I pada tahun 2017 secara konsolidasi masih mengalami kerugian sebesar Rp. 1.2 Milyar kalau dibandingkan realisasi laba/rugi tahun 2016 mengalami kerugian sebesar Rp. 87.4 Milyar maka kinerja keuangan laba/rugi PTPN I mengalami loncatan perbaikan yang relatif tinggi yaitu naik sebesar Rp 86.2 Milyar kalau kita lihat capaian laba/rugi khusus PTPN I (stan elone) pada tahun 2017 memperoleh laba sebesar Rp. 20.7 Milyar namu karena adanya pembebanan biaya kerugian dari entitas asosiasi venture bersama yaitu sebesar Rp. 22.0 Milyar maka laba/rugi PTPN I secara konsolidasi mengalami kerugian sebesar Rp 1.2 Milyar

 

Saudara-saudara sekalian

Triwulan I tahun 2018  sedang kita jalani dan hampir tiba dipenghujung berarti sudah 3 (tiga) bulan pula kita memasuki tahun 2018. Seperti kita ketahui bersama, dimana perolehan produksi dan rendemen minyak sawit masing-masing kebun dan pabrik sampai dengan bulan Maret 2018  (Tgl. 15 Maret 2018) dapat kami sampaikan sebagai berikut :

Peraihan produksi kebun sendiri sebesar (112.83%) dari RKAP sedangkan dari pembelian TBS masih jauh dari RKAP tahun 2018 dimana hanya tercapai sebesar (62,61) sedangkan untuk rendemen kebun sendiri  sebesar (100,53%) terhadap RKAP tahun 2018.

 

Untuk itu dengan beberapa sisa hari kerja untuk Triwulan I ini manajemen mengharapkan agar kita berupaya keras menggali semua potensi produksi yang ada di kebun khusus untuk pembelian TBS seiring dengan perbaikan ketiga pabrik, agar dapat terus berupaya meningkatkan pembeliannya juga  meningkatkan pelayanan bagi pemasok TBS ke tiga pabrik.

 

Saudara-Saudara Sekalian

Mencermati kondisi perusahaan saat ini diminta agar seluruh jajaran lebih meningkatkan lagi kepedulian dan keseriusan kerja yang didukung dengan kesiapan waktu, maka saya tidak bosan-bosannya menghimbau agar semua personil pejabat teras dan karyawan pimpinan serta seluruh karyawan pelaksana baik yang di kebun/pabrik maupun di kantor pusat  untuk dapat fokus dengan tugas-tugas dan bertanggung jawab dibidang masing-masing juga  meningkatkan disiplin kerja mulai jam masuk dan pulang serta meningkatkan produktivitas kerja.

 

Sebagaimana telah kita ketahui bersama, sehubungan dengan Surat Keputusan Direksi PTPN I nomor 01.6.1/Skep/28/2018 tanggal 23 Februari 2018 perihal perubahan dan pemberlakuan  Struktur  Organisasi PTPN I terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018, yang mana perubahan dan pemberlakuan dimaksud yakni :

 

  • Membentuk struktur organisasi project management office (pmo) erp sap dan menjadi salah satu bagian di Kantor Pusat PTPN I, yang bertujuan untuk mendukung kelancaran kegiatan operasional implementasi program enterprise resource planning (erp) secara optimal di lingkungan PTPN I serta guna mempercepat dan memastikan keberhasilan implementasi program dimaksud dengan;

 

  • Menggabung dan melebur Bagian Keuangan dengan Bagian Akuntansi Kantor Pusat menjadi Bagian Pembiayaan Kantor Pusat PTPN I, sebagai upaya dalam pelaksanaan kerja bisa lebih efektif dan efisien.

 

  • Mengembalikan fungsi dan tugas Bagian Pengadaan dengan mengalihkan sub Bagian Pembelian TBS Kelapa Sawit ke Bagian Komersil agar kinerja Bagian Pengadaan dapat lebih optimal dalam melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa;

 

  • Menambahkan fungsi tugas sub Bagian Pembelian TBS Kelapa Sawit dan sub Bagian Pedoman Harga pada Bagian Pemasaran, serta melakukan perubahan nama Bagian Pemasaran menjadi Bagian Komersil, yang bertujuan untuk lebih mengoptimalkan kinerja Bagian Komersil dalam hal Pemasaran Produksi CPO dan peningkatan volume pembelian TBS Kelapa Sawit serta optimalisasi penetapan harga, baik harga pembelian TBS Kelapa Sawit maupun pedoman harga barang dan jasa dalam mendukung pelaksanaan.

Bapak dan ibu yang saya hormati  ;

Kita baru saja memperingati HUT PT Perkebunan Nusantara Grut Ke 22, dari tahun ke tahun kita selalu dihadapkan dengan tantangan yang beragam, produktivitas yang rendah dan kondisi keuangan yang belum membanggakan di beberapa ptpn masih menjadi tantangan utama bagi kita. Namun kita patut bersyukur, bahwa kinerja ptpn group secara konsolidasi di tahun 2017 telah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

 

Proses perbaikan tidak henti-hentinya kita lakukan, baik di sisi on farm maupun off farm. Dan rencana pengembangan usaha dengan fokus pada hilirisasi merupakan suatu hal yang harus segera kita lakukan untuk memperkuat daya saing perusahaan. Tanpa kerja keras, pemikiran yang kreatif dan inovatif dari seluruh elemen, mustahil tuntutan – tuntutan untuk meningkatkan daya saing perusahaan dapat kita capai.

 

Para peserta upacara yang saya hormati,

Saya berharap Budaya Jujur, Tulus, Ikhlas bisa diresapi dan digunakan sebagai landasan berprilaku dalam melaksanakan tugas sehari-hari sehingga seluruh insan PTPN I akan selalu bahu membahu dengan bahasa dan sikap yang sama dalam berkiprah menjalankan tugas mencapai cita-cita perusahaan.

 

Saya ingin mengajak kita semua untuk terus bersemangat mengelola PTPN I menjadi lebih baik lagi. Semoga kedepannya, seluruh karyawan akan tetap memberikan yang terbaik bagi perusahaan, senantiasa memperbarui semangat untuk mencapai target-target operasional maupun target financial perusahaan.

 

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayahnya serta petunjuk-petunjuk kepada kita semua dan memberikan kemudahan pada setiap usaha yang kita lakukan Amin Ya Rabbal Alamin. Saya akhiri dengan Billahi taufik wal hidayah.

 

 

 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

PTP Nusantara I

Direksi,

 

 

 

 

Uri Mulyari

Direktur Utama