STRATEGI PT PEREBUNAN NUSANTARA I TAHUN 2021
Sasaran yang hendak dicapai perusahaan adalah perusahaan yang bertumbuh memiliki daya saing tinggi yang dasari budaya perusahaan dengan selalu memperhatikan kelestarian lingkungan sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi shareholder dan stakeholder. Strategi yang dijalankan untuk meraih sasaran tersebut yaitu:
- Profitabilitas
- Peningkatan daya saing komoditas perusahaan.
- Efisiensi melalui penggunaan biaya yang rasional.
- Restrukturisasi keuangan
- Restrukturisasi SDM
- Restrukturisasi organisasi.
- Pemetaan dan peningkatan kompetensi.
- Rasionalisasi tenaga kerja lepas.
- Pengembangan Teknologi Informasi
- Penetapan master plan IT
- Integrasi sistem melalui Enterprise Resource Planning (ERP).
- Pembangunan infrastruktur Teknologi Informas
- Diversikasi dan Inovasi
- Optimalisasi potensi internal perusahaan.
- Transformasi bisnis perusahaan sebagai respon terhadap perubahan lingkungan.
- Kepedulian Lingkungan
- Berperan aktif dalam kelestarian lingkungan.
- Penyaluran Program Kemitraan dan Bina Lingkungan serta CSR di lingkungan sekitar perusahaan.
Strategi Korporasi
- Peningkatan daya tumbuh melalui peningkatan efektivitas pada semua aspek kegiatan bisnis dengan tetap mempertahankan fungsi-fungsi yang berorientasi pada kegiatan yang mengarah kepada efisiensi di segala bidang serta mempertahankan penggunaan strategi yang relevan
- Mengembangkan diversifikasi dan inovasi dalam rangka peningkatan pendapatan dan efisiensi biaya melalui pemanfaatan potensi internal
- Mempertahankan kerjasama yang telah ada dan mencari mitra bisnis yang berkompeten dan kredibel untuk mengembangkan kerjasama lain dalam upaya pemanfaatan asset perusahaan dengan prinsip business to business.
- Mengembangkan teknologi informasi yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan brand corporate image.
Strategi Bisnis
- Melakukan Operational Excellent untuk semua komoditas baik, Karet, Tebu, Teh dan Kopi yang dilakukan dengan mitra strategis baik secara luasan maupun kualitas produk yang dihasilkan dengan pendekatan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap mempertahankan kelestarian lingkungan untuk memberikan daya tumbuh perusahaan.
- Optimalisasi dan pemanfaatan aset-aset non produktif termasuk Eks-Pabrik Gula menjadi profit center.
Strategi dan Pengembangan Usaha
- Penataan areal portofolio komoditas pada areal HGU dengan mempertimbangkan kecocokan lahan.
- Konversi areal tanaman karet ke tanaman tebu untuk giling produksi
- Pengembangan wisata agro melalui penambahan fasilitas fasilitas penunjang
- Melaksanakan pengujian mutu produk hilir sesuai kelayakan konsumsi berdasarkan SNI.
- Efisiensi di segala bidang.
- Kerjasama Operasional (KSO) dengan BUMN dan Mitra Strategis.
- Program Transformasi PTPN I.
- Diversifikasi usaha pengembangan udang vannamei.